Kamis, 13 Maret 2014

SK KD

Bab 5
Interaksi Manusia dengan Lingkungan


    Setelah mempelajari dan mengamati tentang interaksi manusia dan lingkungan, peserta didik diharapkan bersyukur dan memiliki perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, percaya diri, menghargai dalam berbagai aktivitas kehidupan manusia. Pada awal bab, peserta didik diperkenalkan dengan pemahaman awal tentang hubungan manusia dan lingkungannya. Pertemuan pertama bab ini diawali apersepsi dengan menayangkan gambar-gambar aktivitas manusia dan dampaknya bagi lingkungan fisik, ekonomi, dan sosial budaya Indonesia. Semua merupakan hasil budaya manusia dari hasil sumber alam anugerah Yang Mahakuasa. Selanjutnya, diadakan sesi kajian bekal-ajar awal melalui tanya jawab antara guru dan para peserta didik untuk membangun sikap dan persepsi positif terhadap pelajaran.
    Guru dalam membelajarkan mata pelajaran IPS harus mengacu pada prinsip “integrated social sciences”. Dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPS harus mendukung pencapaian Kompetensi Inti, baik KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4. Dalam praktiknya KI 1 dan KI 2 sebetulnya tidak secara eksplisit diajarkan. Yang secara eksplisit diajarkan adalah KI 3 dan KI 4. Dengan dicapainya KI 3 dan KI 4 diharapkan KI 1 dan KI 2 akan juga dicapai.