KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, masa Hindu Budha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator
1) Mendeskripsikan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang keagamaan
2) Menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang politik
3) Mendeskripsikan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang sosial
4) Menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang pendidikan
5) Mendeskripsikan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang sastra dan bahasa
6) Menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang arsitektur
Tujuan Pembelajaran
a) Siswa mampu Mendeskripsikan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang keagamaan
b) Siswa mampu Menjelaskan peninggalan sejarah dalam bidang politik
c) Siswa mampu mendeskripsikan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang sosial
d) Siswa mampu menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang pendidikan
e) Siswa mampu mendeskripsikan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang sastra dan bahasa
f) Siswa mampu menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat masa Hindu-Budha dalam bidang arsitektur