Rabu, 18 Juni 2014

Kerajaan Kediri



Gambar Peta Kerajaan Kediri dan Lokasi Kekuasaannya
Sumber: www.sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id
        Amati gambar di atas! tahukah kamu dimana letak Kerajaan Kediri? Kerajaan Kediri terletak di Jawa Timur. Berdirinya Kerajaan Kediri diawali dari pembagian wilayah Kerajaan Mataram Kuno. Pada tahun 1041 M, Airlangga, raja terakhir Mataram Kuno  hendak mengundurkan diri dan ingin menyerahkan kekuasaan kepada putri sulungnya yang bernama Sanggramawijaya. Namun Sanggramawijaya lebih memilih untuk menjadi Bhiksuni(pendeta wanita agama Hindu)sehingga menolak untuk memegang kekuasaan. Oleh karena itu, pada tahun 1041 Raja Airlangga meminta bantuan Mpu Barada untuk membagi kerajaan menjadi dua, yaitu Panjalu dan Janggala. Hal ini dilakukan untuk menghindari perebutan kekuasaan di antara kedua putra Airlangga. Kerajaan Panjalu yang beribu kota di Daha dipimpin oleh Samara  Wijaya, sementara itu, Kerajaan Janggala yang beribu kota di Kahuripan dipimpin oleh Panji Garasakan.
Akan tetapi pada tahun 1044-1052, terjadi perang saudara antara kedua kerajaan tersebut. Perang saudara itu dimenangkan oleh Kerajaan Janggala. Setelah itu, di bawah kekuasaan Jayeswara, Kerajaan Panjalu dan Janggala berhasil dipersatukan menjadi Kerajaan Kediri.
Puncak keemasan Kerajaan Kediri terjadi pada masa pemerintahan Raja Jayabaya. Ia adalah seorang raja yang bijaksana sekaligus seorang pujangga yang ternama. Karyanya yang sangat dikenal adalah Jangka(ramalan)Jayabaya. Raja terakhir kediri yaitu Raja Kertajaya, ia menjadi raja terakhir setelah dikalahkan oleh Ken Arok dari Tumapel pada sebuah pertempuran tahun 1222.