Rabu, 18 Juni 2014

Kerajaan Pajajaran(Sunda)



Gambar Peta Kerajaan Pajajaran dan Lokasi Kekuasaannya
        Amati peta di atas! berdasarkan peta tersebut, tahukah kamu dimana letak Kerajaan Pajajaran? Kerajaan Pajajaran pernah berdiri di wilayah barat Pulau Jawa yang meliputi Provinsi Banten, Jakarta, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah sekarang. Bahkan, kerajaan ini pernah menguasai wilayah bagian selatan Pulau Sumatra. Kerajaan Pajajaran merupakan sebuah kerajaan yang berdiri selama berabad-abad (abad ke-6 sampai ke-7)
Menurut Prasasti Astanagede, pusat pemerintahan Kerajaan Pajajaran pernah berada di Pakuan (Pakwan)Pajajaran pada masa pemerintahan Maharaja Jayabhupati. Namun, pada masa Rahyang Niskala Wastu, pusat pemerintahan dipindah di Kawali dengan istananya bernama Surawisesa. Lokasi Pakuan Pajajaran berada di wilayah bogor, Jawa Barat sekarang.
Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Pajajaran yaitu: Maharaja Jayabhupati, Rahyang Niskala Wastu, Sri Baduga Maharaja, Hyang Wuni Sora, Prabu Niskala Wastu Kencana, Tohaan, Ratu Jaya Dewata, Ratu Samian(Prabu Surawisesa), dan Prabu Ratu Dewata. Maharaja Jayabhupati menyebut dirinya sebagai Haji-risunda untuk menguatkan kedudukannya sebagai raja Kerajaan Pajajaran. Ia merupakan pemeluk agama Hindu Waisnawa.
Namun, pada masa pemerintahan Prabu Ratu Dewata, Kerajaan Pajajaran mendapat banyak serangan dari Kerajaan Banten sebelum akhirnya runtuh akibat kekalahan melawan pasukan Kerajaan Banten yang dipimpin oleh maulana Hasanuddin. Akibat kekalahan ini, seluruh wilayah Pajajaran dikuasai Kerajaan Banten.