Rabu, 18 Juni 2014

Kerajaan Tarumanegara



Gambar Peta Kerajaan Tarumanegara dan Lokasi Kekuasaannya
        Perhatikan peta Kerajaan Tarumanegara di atas! Tahukah kamu dimana letak Kerajaan Tarumanegara? Kerajaan Tarumanegara terletak di lembah Sungai Citarum, Bogor, Jawa Barat. Kerajaan Tarumanegara berdiri sekitar abad ke-5 M, kerajaan ini merupakan Kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa. Kata Taruma kemungkinan berasal dari kata tarum, yang berarti nila. Hingga saat ini, nama tersebut masih dapat kita jumpai sebagai nama sungai yaitu Sungai Citarum.
Kerajaan Tarumanegara, meninggalkan 7 buah prasasti yang menggambarkan sistem pemerintahan pada masa Raja Purnawarman. 3 prasasti diantaranya yaitu Prasasti Ciaruteun, Prasasti Jambu, dan Prasasti Lebak. memberikan informasi bahwa Raja Purnawarman merupakan raja yang paling terkenal di Kerajaan Tarumanegara. Klik link biru di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut!
       Prasasti Ciaruteun, Prasati Jambu, dan Prasasti Lebak  Namun, Raja Purnawarman bukanlah raja pertama Tarumanegara, karena PrasastiTugu mengungkap bahwa ayah Raja Purnawarman telah melakukan penggalian sungai Candrabaga di Bekasi sebelum Raja Purnawarman menggali sungai Gomati. Kerajaan ini diperkirakan runtuh pada abad ke-7 karena serangan Kerajaan Sriwijaya.